Gegara Tertipu, TKI Yang Telantar di Malaysia Akhirnya Bisa Pulang

INFO TKI — Syukur Alhamdulillah! Saudara kita, Sunara (36), warga asal Kabupaten Bandung Barat, yang telantar di Malaysia akhirnya bisa kembali pulang ke keluarganya setelah dua bulan menunggu.

Pengalaman Sunarya ini bisa dijadikan pelajaran kita agar hati=-hati dalam memilih agen penyaluran resmi, apalagi yang ilegal. Karena masih banyak agen penyaluran tenaga kerja ilegal.

Gara-gara tertipu, dirinya telantar di Malaysia gegara tertipu agen penyaluran tenaga kerja ilegal tersebut dan paspornya ditahan dan mesti ditebus seharga Rp 20 juta.

Alhamdulillah Warga Kampung Cihaliwung Wetan, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), itu tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (19/6).

Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kerja pada Disnakertrans KBB Sutrisno mengatakan yang bersangkutan dipulangkan setelah melalui proses panjang dan negosiasi dengan kepolisian diraja Malaysia difasilitasi KBRI.

Pihaknya langsung mengantarkan Sunara bertemu dengan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna usai bertemu dengan istri dan anak-anaknya.

“Kami berharap yang bersangkutan tidak mengulangi lagi aksi nekatnya menjadi TKI ilegal. Lebih baik bekerja di daerah sendiri daripada terlunta-lunta di negeri orang. Kita sudah pertemukan juga dengan pak bupati,” kata Sutrisno.

Sunara terharu bisa bertemu dengan anak istrinya lagi. “Alhamdulillah, serasa mimpi saya ada di sini lagi. Terima kasih semua pihak yang sudah membantu saya pulang. Jujur pas di Malaysia saya sempat depresi dan terpikir bunuh diri,” kata Sunara.
Maka kita harus hati-hati dan teliti ya Dulu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*